Saling Berbagi

 

Sikap saling berbagi tidak hanya dilakukan antara kita dengan sesama manusia, namun juga bisa dengan makhluk hidup lainnya. Sumber gambar: http://www.google.co.id

 

Hal yang tidak dapat kita pungkiri sebagai manusia adalah kita selalu membutuhkan kehadiran orang lain dan kadangkala tergantung pada diri mereka. Ini bukti bahwa kita manusia adalah makhluk sosial. Hal ini juga berlaku pada makhluk hidup lainnya, seperti tumbuh-tumbuhan atau binatang. Misalnya kita manusia memerlukan pepohonan agar dapat memberikan udara yang segar. Papan untuk membuat rumah atau meubel. Atau ikan di kolam maupun yang ada di tambak membutuhkan makanan (pelet) agar cepat besar. Intinya kita harus saling berbagi satu sama lain.

Keinginan untuk berbagi datang dari kesadaran kita bahwa orang tersebut membutuhkannya. Kesadaran kita tersebut merupakan salah bentuk perhatian kita pada sesama. Kebiasaan ini (berbagi) dapat berkembang karena ada kepekaan atau empati dalam diri kita. Namun kebiasaan untuk saling berbagi satu sama lain saat ini dirasa sulit untuk kita alami atau lakukan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kesadaran sosial kita yang mulai menurun dan kita lebih mengedepankan sisi individualistis kita.

Oleh karena itu kita perlu melatih diri dengan menumbuhkan rasa kepedulian atau empati kita. Dengan demikian lambat laun kesadaran untuk saling berbagi itu akan tumbuh dan berkembang dalam diri kita. Awalnya mungkin kita akan merasa kesulitan karena tidak terbiasa. Namun jika itu kita lakukan atas dasar kesadaran diri kita, maka itu akan menjadi sifat dan kebiasaan yang mengkarakter dalam diri kita.

 

 

Perihal Amandus Tena Labaketoy
Aku adalah seorang manusia biasa yang ingin terus belajar sampai akhir hayatku....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: