Pendampingan Orangtua Kepada Anak Pada Saat Belajar

Mendampingi anak pada saat belajar adalah salah satu wujud perhatian dan dukungan orangtua kepada anaknya. Sumber gambar: http://www.google.co.id

Kegiatan belajar yang biasa dilakukan para siswa tidak hanya berlangsung atau dilakukan di lingkungan sekolah saja, melainkan juga berlangsung dilingkungan rumah/keluarganya (setidaknya inilah harapan dari setiap guru/pendidik kepada muridnya).

Namun kenyataan saat ini banyak siswa yang sudah enggan melakukan kegiatan belajarnya di rumah, sehingga kadangkala tingkah laku mereka membuat pusing sebagian orangtua. Langkah yang diambil orangtua untuk mengatasi kekhawatirannya tersebut umumnya dengan mengikutkan anaknya mengikuti les atau bimbingan belajar.

Hal ini semestinya tidak perlu dilakukan selama orangtua mempunyai waktu yang cukup untuk mendampingi anak dalam belajar. Namun juga menjadi persoalan ketika ada orangtua yang sibuk bekerja sampai malam, yang pada akhirnya waktu untuk berkumpul bersama keluarga menjadi terbatas, kadangkala juga membuat para anak lebih tertarik dan berminat belajar di luar rumahnya, seperti mengikuti les atau pun lembaga bimbingan belajar tertentu.

Oleh karena itu, orangtua kiranya perlu memberikan atau meluangkan waktunya untuk mendampingi anaknya pada saat belajar untuk memberikan dukungan dan kepercayaan diri pada anak. Perlakuan orangtua yang demikian dapat saja membuat si anak merasa diperhatikan dan mendapatkan dukungan penuh dari orangtua, sehingga membuatnya semakin percaya diri. Selain itu pendampingan orangtua kepada anak pada saat belajar juga akan semakin meningkatkan kedekatan emosional antara orangtua dan anak. Namun semua itu kembali pada kualitas dari pendampingan itu sendiri.

Perihal Amandus Tena Labaketoy
Aku adalah seorang manusia biasa yang ingin terus belajar sampai akhir hayatku....

One Response to Pendampingan Orangtua Kepada Anak Pada Saat Belajar

  1. Ulfa mengatakan:

    iya bener sekali, orangtua harus tetap memberi pendampingan kepada anaknya.bukan berarti disekolahkan kemudian menghapuskan kewajibannya sebagai orangtua,,,^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: