Mengoptimalkan Waktu Liburan

Bepergian bersama anak ke pantai dapat menjadi alternatif pilihan untuk mengisi liburan Anda. Sumber gambar: http://www.google.co.id

Masa-masa liburan umumnya adalah masa-masa yang banyak dinantikan setiap orang, karena pada masa ini mereka yang memiliki kesibukan yang cukup tinggi dalam pekerjaannya, termasuk para siswa, dapat menggunakan kesempatan ini untuk bersistirahat dari kejenuhannya selama ini. Namun tatkala tak bisa mengisi waktu liburan dengan baik, banyak di antara kita yang stress karena bingung akan memilih bentuk liburan yang bagaimana.

Bentuk kegiatan untuk mengisi liburan sebenarnya ada begitu banyak, dari yang sifatnya edukatif sampai dengan yang rekreatif. Mengisi waktu liburan sebenarnya tidak mesti harus diisi dengan kegiatan-kegiatan tamasya saja, berkumpul bersama keluarga di rumah pun juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengisi liburan kali ini.

Liburan adalah masa di mana kita berhenti/melepaskan sejenak rutinitas kita sehari-hari dari kegiatan kantor maupun sekolah untuk me-refresh diri agar pikiran dan tenaga dapat pulih dan bekerja kembali dengan baik. Selain itu, dengan adanya liburan kita juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan psikis kita melalui kegiatan-kegiatan yang kita pilih dan lakukan pada saat mengisi liburan tersebut. Tentunya liburan juga dapat mencegah dan menghilangkan stress yang datang dari lingkungan pekerjaan kita maupun yang datang dari kegiatan-kegiatan belajar di sekolah maupun di rumah.

Oleh karena itu pemilihan yang tepat mengenai bentuk-bentuk kegiatan untuk mengisi waktu liburan adalah sangat penting agar waktu liburan yang ada tersebut dapat memberikan manfaat yang bermakna, baik bagi kesehatan diri maupun performa kinerja kita nantinya. Mungkin beberapa kegiatan di bawah ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda bersama keluarga, kerabat ataupun sahabat Anda untuk mengisi liburan kali ini.

  1. Berkumpul bersama keluarga di rumah, sambil bakar jagung atau ikan.
  2. Membuat pesta kecil-kecilan bersama anggota keluarga di rumah.
  3. Mengunjungi kerabat yang ada di kota atau daerah lain.
  4. Menikmati keindahan alam (pantai atau pegunungan).
  5. Bepergian bersama teman-teman sekolah ke salah satu pantai terkenal di tempat Anda.
  6. Bepergian ke kota-kota lain untuk menikmati makanan khasnya (wisata kuliner).
  7. Bepergian ke tempat situs-situs sejarah (candi, benteng, kerajaan, dll).
  8. Melakukan wisata rohani.
  9. Dan lain sebagainya.

Beberapa hal di atas hanya alternatif pilihan kegiatan untuk mengisi liburan Anda. Bentuk keinginan yang sesuai dengan keinginan Anda, saya kira Andalah yang lebih mengerti dan memahaminya. Tentu dalam memilih bentuk kegiatan, kita juga perlu mempertimbangkan keinginan dari masing-masing anggota keluarga lainnya, sehingga liburan kali ini bukan menjadi liburan milik satu orang saja, melainkan semua anggota keluarga. Selain itu faktor biaya juga perlu dipertimbangkan. Sebaiknya sesuaikanlah bentuk kegiatan liburan yang akan kita pilih itu dengan kondisi ekonomi kita. SELAMAT BERLIBUR!

Perihal Amandus Tena Labaketoy
Aku adalah seorang manusia biasa yang ingin terus belajar sampai akhir hayatku....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: