Mengenal Potensi Diri dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Kita Sehari-hari

Melihat diri lebih dalam melalui kegiatan refleksi merupakan sebuah usaha yang dapat membantu kita mengenali potensi pada diri kita. Sumber: http://www.google.co.id.

Setiap manusia diciptakan unik adanya dengan segala potensi atau talenta yang dimilikinya. Namun tak banyak yang dapat mengetahui dengan persis potensi apa yang dimilikinya.

Tugas kita sebagai manusia adalah mengenali segala potensi yang diberikan Tuhan kepada kita dan menggunakannya dalam melaksanakan tugas hidup kita sehari-hari.

Dalam kehidupan kita, kita dapat melihat sejumlah potensi itu dalam diri kita maupun dalam diri orang lain. Misalnya ada orang yang diberi kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin yang memiliki kharisma dan kecakapan memimpin yang baik, ada juga seorang guru yang diberi kemampuan yang mampu mengelola kelas dan menyampaikan materi pelajarannya dengan baik, ada juga seorang siswa yang diberi kemampuan dalam memahami setiap pelajaran dengan baik, atau diri kita yang memiliki kemampuan untuk menenangkan dan membuat orang lain merasa nyaman manakala orang tersebut sedang sedih, dsb. Potensi yang dimiliki ini adalah kemampuan-kemampuan yang sudah ia atau kita miliki sejak dalam kandungan, namun baru akan berkembang seiring proses belajar dan pengalaman hidup kita sehari-hari.

Lalu potensi apa yang aku miliki? Pertanyaan ini nampaknya gampang-gampang sulit untuk dijawab.  Sebab seringkali penilaian kita terhadap diri kita sendiri meleset atau melenceng dari apa yang sebenarnya ada pada diri kita. Oleh karena itu, ketenangan dan kesiapan mental yang baik diperlukan untuk dapat mengenali potensi diri kita dengan tepat. Pada dasarnya potensi atau talenta tiap-tiap orang itu berbeda-beda satu dengan yang lainnya, meskipun ada kemiripan. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan refleksi diri, yaitu suatu kegiatan untuk melihat diri lebih dalam lagi dengan mengajukan sejumlah pertanyaan (lebih banyak lebih baik) kepada diri sendiri tentang diri kita sendiri dan dari pertanyaan itu diharapkan kita menjawabnya secara jujur dan terbuka. Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan efektif, maka kita perlu mengupayakan tempat atau lingkungan yang kondusif, yang dapat menghantarkan kita pada ketenangan/keheningan dan keberfokusan pada diri. Selain dengan merefleksikan diri, potensi yang kita miliki juga dapat diketahui melalui serangkaian tes psikologi (bakat) dan kita juga bisa menanyakannya kepada orang-orang terdekat kita, kepada orangtua atau teman dekat kita, misalnya.

Dengan mengetahui potensi diri, kita akan merasa lebih percaya diri dalam melaksanakan setiap tugas dalam hidup kita. Kita juga dapat mengambil keputusan secara tepat menyangkut karier atau hidup kita. Selain itu, secara psikis pribadi kita juga akan merasa nyaman sebab kita mengerjakan sesuatu sesuai dengan potensi yang kita miliki. Tentunya ini akan berpengaruh dalam banyak hal dalam hidup kita, terlebih akan nampak dalam kinerja (produktifitas) dari apa yang kita buat atau lakukan atau hasilkan dalam hidup kita sehari-hari.

Jadi, jelaslah bahwa memahami potensi diri itu sangatlah penting dan memang perlu diupayakan oleh setiap pribadi. Sebab dengan memahami dan mengetahui potensi atau talenta yang kita miliki itu, ia dapat membantu kita meningkatkan kinerja (produktifitas)  kita lebih baik lagi dari tugas-tugas atau dari apa yang kita lakukan sehari-hari dalam hidup. Selain itu, potensi itu pulalah yang akan mengarahkan dan memotivasi kita untuk lebih meningkatkan produktifitas hidup kita sehari-hari. Namun, yang perlu dingat adalah potensi itu bukanlah sebuah produk atau barang yang sudah jadi. Potensi atau talenta yang dapat meningkatkan kinerja (produktifitas) hidup kita adalah hasil atau produk dari pengalaman belajar dan pengalaman hidup kita sehari-hari yang sudah kita refleksikan.        

Perihal Amandus Tena Labaketoy
Aku adalah seorang manusia biasa yang ingin terus belajar sampai akhir hayatku....

2 Responses to Mengenal Potensi Diri dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Kita Sehari-hari

  1. Delfira Thaher mengatakan:

    Tulisan Anda benar-benar telah membantu saya dalam memberikan pengertian dan pemahaman mendalam kepada anak didik saya tentang potensi diri mereka dan penerapannya dlm kehidupan sehari-hari. Terimakasih atas ilmu yg telah Anda bagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: