Pentingnya Mengatur Waktu

Buku agenda dapat membantu kita mengatur waktu dengan baik. Sumber: http://www.google.co.id

Waktu bagi sebagian orang mungkin adalah sesuatu yang berharga dalam hidupnya. Banyak di antara kita yang gagal memperoleh atau mengalami sesuatu karena waktu yang tersedia jumlahnya terbatas. Atau mungkin tidak dapat mengatur waktu, sehingga waktulah yang mengatur hidup kita…Jika sampai demikian, tidak heran banyak di antara kita yang akan mengalami stress. Apakah kita mau diri kita mengalami stress karena hidup kita diatur oleh waktu? Jawabannya tentu kita semua tidak mau sampai mengalami keadaan seperti itu.

Menurut Hardjana, “mengelola waktu dengan baik dapat membantu kita menghadapi stress yang menimpa hidup kita”. Dalam hal ini, kegiatan mengatur waktu menjadi penting bagi kita dan harus dilakukan oleh setiap pribadi yang ingin hidupnya lebih teratur, terarah, sehat dan terkendali dan tentunya terhindar dari stress.

Proses mengatur waktu dimulai dengan mengidentifikasi sejumlah kegiatan yang biasa kita lakukan setiap harinya, dengan kata lain mengidentifikasi kegiatan rutinitas kita setiap harinya. Hal ini akan memudahkan kita mengatur dan mengorganisir setiap kegiatan satu per satu dan menempatkannya pada kuadran waktu yang telah kita tentukan. Setelah proses ini selesai dilakukan, maka kegiatan berikutnya yang perlu dilakukan adalah:

  1. Menentukan prioritas. Menentukan prioritas merupakan kegiatan memilah-milih kegiatan atau rencana kerja yang paling utama, penting, mendesak dan yang menuntut perhatian lebih dari diri kita, sampai pada kegiatan-kegiatan atau rencana-rencana kerja yang tidak utama, tidak penting, tidak mendesak dan yang tidak menuntut perhatian lebih dari diri kita. Buatlah perankingan untuk masing-masing kegiatan atau rencana tersebut agar memudahkan kita dalam menentukan urutan prioritasnya.
  2. Langkah berikutnya adalah membuat jadwal kegiatan. Jadwal kegiatan yang dibuat bisa berupa jadwal harian, mingguan atau bisa juga jadwal bulanan. Jadwal adalah daftar atau rincian rencana-rencana yang akan kita lakukan, lengkap dengan hari dan jamnya. Kemudian masukkanlah kegiatan-kegiatan atau rencana-rencana yang akan kita lakukan itu ke dalam jadwal yang telah kita buat berdasarkan urutan prioritasnya. Menurut Hardjana, “jadwal menjadi pegangan untuk mengatur kegiatan hidup kita, mengerjakan hal yang baik kita kerjakan pada waktunya”. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa jadwal harian dapat membebaskan kita untuk memikirkan apa yang akan kita lakukan pada setiap saat dalam hidup kita, sehingga dengan demikian kita dapat memiliki irama hidup. Menurut Hardjana, “isi jadwal meliputi waktu untuk makan, tidur, istirahat santai, untuk mengerjakan tugas kerja dan studi kita, dan waktu untuk bersosialisasi dan bergaul dengan rekan, teman, sahabat, tetangga sekitar kita”.  
  3. Setelah kita menentukan prioritas dan membuat jadwal, langkah berikutnya adalah melakukan atau melaksanakan jadwal tersebut. Jadwal yang telah kita buat akan berarti jika kita melaksanakannya. Laksanakanlah itu sesuai jadwal atau porsi yang sudah ditentukan sebelumnya. Perlu juga diperhatikan, bahwa pada saat kita melaksanakan kegiatan tersebut, kita juga perlu melihat apakah waktu yang disediakan untuknya cukup atau tidak. Ini dilakukan untuk membantu menentukan jadwal dan mengatur pembagian waktu untuk jadwal berikutnya. Hardjana menganjurkan untuk mencatat semua kegiatan penting beserta waktu yang dihabiskan untuk melakukan kegiatan itu dan disetiap akhir pekan atau minggunya, jumlahkanlah waktu yang telah kita pakai menurut kelompok-kelompok kegiatan tertentu. Lebih lanjut Hardjana mengatakan bahwa “dari hasil penjumlahan itu kita akan tahu berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk bekerja, tidur, bersantai, berolahraga, bersosialisasi dan bekerja bagi masyarakat. Dari hasil catatan itu, kita dapat merencanakan penggunaan waktu yang lebih baik pada minggu berikutnya, dengan mengurangi waktu untuk kegiatan yang satu dan menambah waktu untuk kegiatan yang lain”.
  4. Langkah berikutnya adalah berusaha untuk fleksibel. Maksudnya adalah kita juga dituntut untuk “lentur” dalam melaksanakan jadwal yang telah kita buat. Terlalu kaku juga dapat membuat diri kita tidak nyaman. Sebab kadangkala kita menjumpai hal-hal yang tidak terduga yang muncul dari perencanaan kita, misalnya menghadiri pesta ulang tahun atau pesta perkawinan teman kita, menerima telepon dari seorang sahabat atau keluarga, atau pengaruh-pengaruh yang datang dari lingkungan sekitar kita. Kalau dipikir-pikir nampaknya itu hanya persoalan sepele, namun sulit juga bagi kita untuk menghindarinya. Respon atau tanggapan yang demikian wajar-wajar saja, namun kita juga harus belajar untuk menghindarinya. Ini kita lakukan karena dalam diri kita masih ada diri-diri yang lain, misalnya diri fisik, diri sosial, diri rohani maupun diri emosional.

Langkah-langkah di atas merupakan hal-hal umum yang biasanya banyak dilakukan oleh banyak orang dalam kegiatan mengatur waktu. Saya yakin Anda juga memiliki sejumlah tips atau siasat dalam mengatur waktu. Namun yang menjadi permasalahan selama ini adalah adanya keengganan dari dalam diri kita untuk memulai dan melakukannya, walaupun kita sudah menyadarinya. Oleh karena itu, berhasil atau tidaknya setiap rencana itu, 90%nya ada di tangan kita sendiri. Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi Anda dan kita semua!

 

Daftar Bacaan:

Hardjana, Agus M. 1997. 35 Cara Mengurangi Stres. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

About these ads

Perihal Amandus Tena Labaketoy
Aku adalah seorang manusia biasa yang ingin terus belajar sampai akhir hayatku....

2 Responses to Pentingnya Mengatur Waktu

  1. Ifan Jayadi mengatakan:

    Tips yang bagus sekali bu. Bagi saya, paragraf yang terakhir sangat penting. Keberhasilan untuk mengatur waktu tsb sepenuhnya berada di tangan kita sangat saya setujui krn tanpa adanya keinginan yg kuat utk melaksanakan seluruh kegiatan sesuai jadwal rasanya sulit utk bisa berhasil

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: